Tuesday, August 11, 2015

Laut dan Mata Minus

Laut, pantai, menjadi salah satu tujuan pelepas lelah dan mencari penggalaman.
salah satu kegiatannya adalah berenang, snorkeling, maupun diving. Kegiatan ini sangat menyenangkan, khususnya bagi yang memiliki mata normal. Namun tak usah sedih bagi penderita mata minus ataupun plus. Saya memiliki mata minus 7. saat ke derawana, karena tidka mau rugi, alias harus bisa menikmati keindahan bawah laut, maka saya mulai mencari mask untuk mata minus. alhasil dapat, dengan lensa diganti lensa minus dengan perhitungan 20-25% dikurangi dari ukuran asli, dikarenakan jika di dalam air semua objek menjadi lebih jelas dan besar, kalau lensa mask ini sama dengan lensa minus di darat, dikhawatirkan akan menyebabkan pusing.

sumber: koleksi pribadi
Namun, mask berlensa minus ini belum menjadi solusi, dikala naik ke darat, maka saya tetap mempertahankan menggunakan mask dengan bernafas lewat mulut, dikarenakan repot melepas mask, lalu memasang kacamata, lalu melepas kacamata, dan memakai mask kembali. Belum lagi dalam kegiatan sailing, dimana kita diturunin di tengah laut, kemudian berenang sampai pantai, lalu berjalan kaki masuk hutan ataupun jalan biasa menuju danau, air terjun. Permasalahan muncul pada saat perjalanan menuju air terjun, danau tersebut, jalanan lumpur hutan atau jalanan biasa memerlukan penglihatan yang jelas, maka yang saya lakukan adalah memakai mask dan nafas lewat mulut. 

sumber: dokumen pribadi. Lokasi: dompu, Flores
sumber: dokumen pribadi. Lokasi: teluk Lampung.
Dari pengalaman-pengalaman berjelajah di alam dan kota, sebagai penderita minus 7, ada beberapa yang saya lakukan:
1. Membawa diving/ snorkeling mask sendiri yang berlensa minus
2. Membawa kacamata renang (dengan tali lebar agar bisa di cantolin snorkel), agar pas di darat bisa bernafas lega tanpa tertutup silicon pada area hidung. (idealnya sih gitu... kenyataannya belum nemu kacamata renang berlensa minus yang talinya gede biar bisa dicantolin snorkel).
3. Membawa kacamata cadangan saat berpergian, dan yang dibawa ke laut mending kacamata berlensa plastik agar ringan dan ada talinya biar aman.

Adapun teman yang lebih memilih menggunakan lensa kontak, lebih efisien, ringan, hemat tempat. Namun bagi pengguna sembrono seperti saya, lebih baik nggak. Kenapa? takut kena air laut jadi perih, takut tiba2 lepas jadi repot nyari2 di laut dan di pasir, takut iritasi, takut ketiduran cape di kapal terus lensa kontaknya muter ada di mata bagian belakang, dll.

khusus aktivitas air, laut, dan kegiatan outdoor, saya sangat mengarapkan adanya alat bantu mata: 
1. Diving/snorkeling mask berlensa minus yang bagian hidungnya bisa dibuka tutup secara flexible dan rapat. Jadi pas nyampe darat tetep bisa melihat dan bernafas lega lewat hidung.
2. Mask digital yang tingkat minus lensanya dapat diatur, sehingga cukup dibeli sekali seumur hidup  (jaga2 kalau minus mata nambah) dan bisa dipakai oleh orang lain jadi hemat. hahahaha.... Cocok buat disewain di dive resort, travel, ataupun dimiliki secara personal.
3. Frame dan lensa oudoor. Jadi frame kacamatanya super ringan, tahan air, tahan panas, flexible gak mudah patah. Kemudian lensanya bagi penderita minus >5 bisa ditipiskan setipis-tipisnya, ringan, tahan gores, mundah dibersihkan, anti minyak, bisa berubah warna saat kena matahari terik, melindungi dari sinar uv.

8 comments:

  1. halo mba Febri,
    aku lagi nyari mask untuk mata minus, akhirnya nemu blognya mba Febri. Mau nnya itu mask minusnya mba Febri beli dimana ya? langsng ada stock di toko atau harus nunggu proses pemasangannya? harganya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya beli online di googling aja *takut jd promosi ga berbayar soalnya hahaha

      Delete
    2. mbak online shop beli mask nya dimana ya? boleh donk mbak di email vinvinx@gmail.com

      Delete
  2. Maaf mbak, mo tanya juga, td disebutin itu lensanya diganti sendiri pakai lensa minus kan ya? Gantinya di optik atau di toko sport atau dimana mbak? Mohon infonya ya.. >< makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. diganti di tempat beli peralatan snorkeling/diving nya mba....

      Delete
    2. mba puteri boleh tau tempatnya dimanakah? soalnya saya cari2 ga ketemu tempat yg bisa ganti lensa

      Delete
  3. Mbk Febri, saya tertarik dan butuh mask yg seperti mbk Febri ceritakan. Carinya dimana?

    ReplyDelete
  4. Mbak ... saya sama minus 7..kmrn waktu pertama diving tersiksa sekali krn saya double dgn google yg min 7.mohon info dong..tmpt.pemesanan dan harganya..mksh banyak...

    ReplyDelete