Tuesday, August 2, 2011

Belajar dari skenario Tuhan (1)


belum sampe nutup pintu, adik saya sudah semangat cerita," hahahaa, tadi aku macet banget, trs ganti angkot lewat sini (bugel) trs blm ashar, trs solat dulu di mesjid, trs pas mau naik angkot lagi 3 kali angkot gak berenti alhasil sampe magrib, terus beli es doger dulu terus nungu angkot lagi ga ada yg lewat2, hahaha taunya kita ketemu"

Setelah menganalisis kejadian saya selama perjalan ke tangerang, ayah saya yg lg beli tabung gas, dan cerita adik saya saya cuma bisa bilang ga ada yg namanya kebetulan, semua udh diatur dan mungkin ini juga doa dr ibu saya yg pengen buka puasa bareng dan ngumpul bareng, hahaha. topik pembahasannya bukan itu, yaitu:
Mendengar cerita adik, saya berfikir, GILA Tuhan itu keren, semua kelancaran yg saya dapat hari itu.
Adik saya dikasih macet sampe akhirnya pindah angkot sampe akhirnya turun dari angkot demi shalat ashar dan dicuekin 3 angkot, sabar nunggu, positif felling dengan beli dulu es doger, ketimbang kesal dicuekin angkot yg bikin dia lama sampe rmh yg akhirnya justru bertemu dengan ayah dan saya naik mobil dan sampai rumah dengan cepat.

Kadang atau pasti dalam hidup kita mengalami hal itu, dimana semua rencana kita melesat, berbelok, gagal berkali2. kalo org bijak bilang: "blm rejekina, bukan yg terbaik mungkin, gt2" ada pun orang2 logika bilang: "kamu kok males banget ga mau usaha, kok kamu bego gak dpt2, kok kamu sial terus sih dpt tmpt kerja ky gt, kok mau bla bla bla yg intinya nyalahin abis2an si individu itu"

Hal- hal yang lewat di depan kita bukan berarti kesialan, (seperti adik saya dicuekin 3 angkot) Tuhan bilang: kamu akan dapat yg terbaik, tunggu karena yg baik itu pun pny waktu tersendiri untuk datang (seperti kejadian saya, perjalanan saya dipercepat oleh Tuhan, perjalanan adik saya diperlambat, perjalanan ayah saya dipangjangkan alhasil kita bertemu pada tempat, waktu dan keadaan yg sama yg benar2 baik).

Dan Cobaan terbesar itu ada diperjalan sampai menemukannya.
1. Saat kamu di posisi yg dipercepat, maka manfaatkan semua peluang (seperti saya yg dengan lincahnya selap selip setiap ada peluang antrian depan longgar krn org2nya duduk di pingir nunggunya, keseret2 sampe bussway, mengambil tawaran tempat duduk dr kakek2), disisi lain jg Tuhan pny rencana menyelamatkan mu dr bahaya (bbrp menit kemudia, bis setelah yg saya naikin kebakar, coba kalo sy masih disana, scara logika sy bakal naik bis ke-4 yg ternyata kebakar, dgn ajaibnya sy bisa naik bis ke-2 dgn antrian segila itu).

2. Saat kamu di posisi yg dihambat, maka Sabarlah (sabar nunggu angkot lagi, pdhl bisa aja kan jalan kaki, tapi resikonya gak ketemu), tetap menjalankan perintah-Nya (dengan singgah shalat dulu, padahal bisa aja terus berada di dalam angkot dan jalan tapi kan ga tau jg bakal cepet samapi atau malah dapat bahaya didepannya), tetap positif feeling, maksudnya kaya adik saya yg ditingal angkot berkali2, bukannya kesal, tapi perasaan dia masih dibuat nyaman, santai, beli es dulu, kadang kita perlu membuat perasaan kita senyaman mungkin karena kita bisa lbh tenang, lbh baik dan keberuntungan akan menghampiri, hahaha

3. Saat kamu di posisi yg di perpanjang (di perlama) maka sabar, ikhlas dan jalani dengan baik.
dalam kasus ini, yaitu ayah saya yang awalnya beli gas yg bisa plg ke rmh dan buka puasa di rumah, tiba2 ditelpon ibu untuk jemput saya, yg notabene nya jg butuh waktu, melewati macet, keluar bensin banyak, bisa saja ayah saya memilih untuk pulang dan nyuruh saya plg sendiri, tapi dia gak akan dapet a.pahala mendulukan keluarga dan dari niatnya menolong anak perempuannya cepat sampai rumah, b. ga bisa makan bareng di rumah sekeluarga (krn gak bakal ktemu saya dan adik saya, saya dan adik saya sdh pasti bakal sampai rmh jauh lbh lama), c. mungkin itu cara Tuhan menghidari bahaya dari dirinya.

Rahasia dibalik Rahasia
Skenario di dalam skenario

Dulu saya pernah dengar " maka terdapat hikmah bagi org2 yg berfikir"
ya benar, saat kita berfikir kenapa ya begini, begitu dan kita positif thinking ("Allah akan berkehendak sesuai prasangka umatnya"), banyaaaaak sekali ilmu dan pembelajaran yg kita bisa petik dan membuat kita lebih bersyukur dan dekat pada-Nya.

Wuallahualam bishawab

No comments:

Post a Comment