Friday, November 17, 2023

Makanan

Beberapa waktu lalu, ada suatu hal yang aku beresin. Saat itu selesai, salah satu perubahannya, selera makan ku hilang. Jadi aku makan bener-bener cuma seperlunya badan. Kalau maksain ngemil aja langsung muntah. Dan ternyata badanku minta makannay cuma sekali. Dan itu rasanya aneh banget awal-awal, berasa super gabut. Waktu makan pagi, malam, ngemil, jadi hilang. Plus waktu cari makan, nunggu makanan, nyari cemilan, masak, nyuci piring, semuanya jd ilang. Dengan kata lain sebenarnya menguntungkan buat diri karena jadi punya waktu lebih banyak dari sebelumnya, cuma malah jadi bengong-bengong aneh dan "ngapain ya? ngapain ya?". Kebayang ga? misal pagi jam 6 kita udah siap2 masak/ cari sarapan, terus nunggu, makan, terus beres2. Trs sore dari jam 3 udah mikir mau ngemil apa, lanjut gofood jam 4 sore, nunggu, trs ngemil. Pulang mikir, cari makan, mampir sana sini, pesen online, nunggu, makan sambil ngobrol atau nge date, trs santai sambil minum. Dan semua waktu untuk nyiapin makanan, nunggu, makan, dan afternya tuh ilang. Seberapa banyak waktu yang akhirnya ke save? Ternyata banyak! lebih dari 2 jam. Bahkan bs sampe 4 jam hemat waktu untuk tidak mikirin makanan, nyiapin makanan, nunggu makanan, makan, dan beres2 terkait makanan. Termasuk waktu perjalanan untuk pergi ke suatu tempat hanya untuk makan. 

Awal-awal sampe sekarang bahkan, rasanya aneh.
Bahkan baru sadar, ternyata diri kalau lagi stress, gabut, mager, larinya ke makan. Nah sekarang kan makanan itu ilang dr kamus body and mind, jadi bengong2 deh "ngapain ya". Logikanya, waktu/times itu bisa dipake buat bekerja lebih, berkarya, menghasilkan uang, realitanya malah dipake diem. Sanpe kalau ada yang ajak ketemu di resto/bar/cafe, bingung aja mau pesen apa ya. Makan nggak, minum nggak. Ujung-ujungnya ya air putih aja. Bukan karena diet, tapi badannya gak mau, lg ga require, dan udh gak mau maksa/abuse body lg dgn masukin hal2 yg dia gak mau. 

Itu baru dari segi makanan.
Kedua dari segi jwa raga. Dulu suka absorb2 emosi, pikiran, pain orang, sampe repot sendiri. mnedadka nelangsa, suffering, gak bahagia, berat di dada; trs pikiran rame, penuh, stress, depresi; badan suka ikut2an sakit org sekitar atau penyakit yg lg hits padahal diri baik2 aja dan ok. Ujung2nya repot banget sampe menganggu kehidupan. Nah skrg itu semua lepas, gone. Alhasil, pikiran space, gak mikir apa2, kosong. Batin/jiwa, space, gak perecive emosi2 berat atau apapun itu. Fisik jg sehat2 aja bugar. Dengan kata lain keadaan inii bisa bikin diri terbang lebih tinggi, lari lbh cepat, dan hidup jauh lebih ringan dna mudah. Kenyataannya (samapi saat ini ya) malah aneh. Yang baisanya penuh penderitaan, berat, sempit, byk pikiran, sakit2, gak bahagia, dll, mendadak space nan kosong. Ujung2nya bengong2. 

Benefitnya dalam keadaan space tsb, diri lebih jeli, being present, dan aware.
Jadi saat ada orang yang datang untuk manipulasi, gaslight, controling, ini itu, diri bisa liat dengan jernih dan gak masuk ke permainan/ jebakannya. Termasuk jadi lebih mudah mendengarkan badan dan jiwa sendiri. Sesederhana, mau makan apa, mau ngapain, lg require apa, happy/nggak, apa yang bisa bikin greater? Dan spontan bisa ke attract sama hal-hal kind to body and being, dan spontan menjauh dr hal2 yg unkind. 

Saat space gini, bawaannya malah pengen sendiri, males ketemu siapa-siapa, males interaksi ma orang, males keluar-keluar, alhasil energy diri jadi terjaga. Awal-awal aneh, sampe jadi melakukan kebiasaan dengan kontak orang2, pgn pergi-pergian, pgn telpon orang-orang. Dan anehnya pada gak diangkat, org2 pd ga bisa. Sampe sadar, sebenernya emang lg ga mau ketemu orang2, mungkin energy ini jg kerasa ma org2 itu. Jd saat mrk ga angkat/ ga respon/ ga bs, diri biasa aja. Jadi bengong-bengong lagi "ngapain ya"  wkwk. 

Ternyata kalau gak ngambilin masalah orang, gak nangkepin hal-hal yang not mine, hidup enteng banget. Pertanyaannya sekarang: 
what I really desire?
what I really want?
What I really lust for?
What works for me?
What my body and being require?
What and how my real reality?
Show me clarity about it all.

No comments:

Post a Comment