Thursday, April 4, 2013

bla bla blah...

*harusnya sih menyelesaikan postingan derawan day 3-4 tapi moodnya udah ilang buat nulis itu, jd lanjut nanti aja.

Beberapa tahun belakangan ini, saya mengobrol-ngobrol dengan berbagai teman yang pernah tinggal di luar negeri dalam jangka waktu cukup lama, baik untuk hanya sekedar jalan-jalan, tugas kantor, maupun melakukan sekolah lanjutannya. Ada satu benang merah yang saya tangkap, yang intinya benar kata ibu dan adik saya yang berkata "mending nikah dulu kalo mau sekolah di luar, bukannya lebih enak ya ada yang ngejagain dll..." disaat saya keukeuh untuk melanjutkan s2 saya di salah satu negeri di eropa. Dan ternyata dari cerita teman-teman terjawablah, emang bener mending nikah dulu lbh aman (secara fisik, mental, pikiran dan jauh dr fitnah)

Jadi cerita sebelumnya adalah saya sudah punya planning hingga umur 70 tahun kedepan (antara visoner dan lebay), salah satunya adalah setelah lulus s1 4 tahun (2010), kerja 2 tahun, saya mau lanjut s2 ke salah satu negara di eropa, total2 saya baru bisa dapet beasiswa full kesana 4 tahun setelah lulus (2tahun kerja, 1 tahun persiapan, 1 tahun berdoa menunggu sambil bekerja), yakni tahun 2014, lalu lulus s2 2016, berarti saya nikah sekitar 2016-2017 dan ternyata itu kelamaan kata orang tua saya dan ditambah berbagai urusan ini itu lainnya. Alhasil setelah kerja 2 tahun, dengan setengah hati (awalnya) saya lanjut s2 di almamater demi menghemat waktu. Bukannya ga bersyukur masih bisa s2, tapi masih ada rasa belum sempurna aja disaat belum bisa meraih cita dan mati-matian usaha ngejar biar terwujud. Saya sadar semua butuh waktu, dan ga semua orang mengerti itu, dan ga semua situasi kondisi mendukung. Ada kalanya ngerasa jadi orang paling egois saat terlalu kekeuh ngejar cita2. 

Sekarang udah april 2013, yang artinya setahun kedepan saya akan sidang dan wisuda di bulan juli 2014. jadi deg-degan ga kerasa bentar lagi! hwuaaaaa. dan apa yang akan dilakukan setelah itu? kalo ga dapet kerja jadi dosen atau kesempatan2 menarik lainnya yg baik untuk kedepannya, pengennya sih kerja yg penghasilannya bisa buat hidup, bantuin org, dan investasi haha. Tapi kalo udah nikah dan punya anak, saya sih lebih milih jadi ibu rumah tangga (aneh ga sih cita2 jd ibu rumah tangga?). Buat apa sekolah kalo ujung2nya begitu? ya karena sekolah bikin bahagia, sekolah bisa membagi ilmu, dan biar anaknya tumbuh menjadi seseorang yang visioner. kalaupun sambil kerja, gak mau kerja kantoran yang ngabisin waktu, penggennya sambil jd dosen, penulis, punya usaha lucu, ya yg fleksibel gitu. dan yg pasti ga mau punya 'kewajiban' menafkahi. Keluarga saya banyak banget yang jadi wanita karir termasuk ibu, tapi saya pribadi lebih senang berprestasi akademik, bermanfaat untuk banyak orang, dan menjadi ibu rumah tangga. Entah kenapa ga terlalu berambisi sama uang dan menggumpulkan harta. lebih enak punya harta secukupnya, hidup sederhanan nan bahagia, kalo punya lebih mending dituker dengan pengalaman (jalan-jalan) atau bantuin orang (bikin sekolah gratis) :p

No comments:

Post a Comment