Saturday, April 6, 2013

Derawan, Kaltim - Day 3 - 4

31/03/2013 - Day 3
Pergi ke pulau sangalau, ceritanya sesi foto2.
kesan pertama: tosca, jernih, putih. pasirnya putih, airnya bening dengan bias tosca, bersih kaya kolam renang. aaa baguuus.

loncat indah tuh maksdunya foto loncat, awalnya kita mikirnya loncat dari sebuah tempat tinggi ke laut, haha
agak mendung sih, untungnya cuma sebentar :)
nur fadillah, nama kapal yang nemenin kita selama 4 hari 3 malem.

abis itu kita snorkeling yang lebih tepatnya dirurunin di tengah laut, serem dan gak bawa kamera karena ribet haha.

perjalanan ke tengah laut, airnya jerniiih
Abis snorkeling, kita kembali ke pulau derawan, keliling pulau, jalan2, muterin pulau lah intinya dan keren. Ketemu bintang laut biru, penyu berumur 80 tahun, banyaklah.

saat air masih surut, bulu babinya keliatan banyaak
Sorenya nunguin sunset, duduk deket teras ujung penginapan yang kami tempati. keren juga nih

makin lama, mataharinya ilang, tapi malah keliatan lebih terang cuma gelap kaya gambar dibawah ini.

Abis itu, kita makan, lalu kembali ke tempat tadi (teras paling ujung) dan mangkal - mangkal (bahasa ssana yang berarti nongkrong kalo bahasa kita mah), dan superB bintangnya banyaaaak banget! berasa di planetarium. hahaha. cm pas difoto gak ketangkep.

01/04/2013 - Day 4
Pagi hari di hari ke-4 agak membuat mellow untuk saya, bangun subuh karena gejolak perut, lalu shalat dan melihat keluar ternyata hujan rintik, teman sekamar masih tidur. lalu saya keluar, nongkrong di teras sambil minum teh manis (ngambilnya nembus ujan ke area makan) sambil bikin tulisan. lihat kiri kanan kamar-kamar yang lain kok sepi. dan saya sendirian 1-2 jam, lalu bermunculan orang-orang yang ternyata abis ngeliat sunset dan teman-teman sekamar pun siudah bangun. Awal mula hari ke-4 ini terasa lebih tentram dan menyenangkan.

view dari teras kamar saat hujan rintik mendung, sendu deh rasanya
pas deket pelabuhan, airnya langsung berubah gak sebiru dan sebening disana.
dan banyak banget kapal-kapal tanker. ah yang gitu2 tuh yang mencemari laut huhu sedih.

Sehabis itu, kami siap-siap untuk pulang huhu. sebelumnya sesi foto bareng, terus naik nur fadilah (boat) sekitar 3 jam sampe pelabuhan, lalu perjalanan menuju kota tarakan, makan siang di lupa namanya, makan kepiting. harag 1 porsi kecil 160rb (isi 3), porsi besar 210 (isi 3). Kami makan tengah gitu, saya menghabiskan nasi (6rb) + 1 kepiting dan sedikit kangkung (72.5rb) + teh tawar anget (2rb), otal makan siang itu saya abis Rp.80.500

rasa asam manis rasanya kaya permen. saya lebih suka yang lada hitam enyaaak.
Setelah itu kami mengantar 3 orang teman dahulu ke bandara yakni mba ayu, mba tere, dan uun. kemudian kami lanjut ke hutan wisata yang isinya tanaman bakau dan bekatang. disini nemu banyak binatang-binatang aneh juga, anatara lain seperti blesteran ikan dan kadal. haha.

Selesai dari sana, kami ke toko milo untuk beli oleh-oleh lalu ke bandara, shalat, chek in, nunggu, makan pop mie, dan lepas landas. Selama di pesawat ga tidur, main kokologi :p

Total biaya:
Pesawat pp, jkt-tarakan                           :1.500.000
Trip                                                         : 2.000.000 (boat,makan 8 kali, penginapan)
airport tax 40.000 + 30.000                     :     70.000
makan pop mie bandara + aqua              :      20.000
bdg-bandara pp +angkot                         :    220.000
patungan gantiin fin sewaan ilang           :     30.000

Dari semua hal itu, ada satu hal yang semakin saya yakin kalau di dunia ini gak ada yang namanya kebetulan. Semua hal, sekecil apapun baik suatu hal, pertemuan, dan lain hal sebagainya diatur untuk bisa saling mengisi, memberi manfaat, dan pembelajaran. Wuallahualam bishawab.