Sunday, July 3, 2016

Ramadhan #27: Dibalik Orang Hebat

Habibie emang keren banget. Selain dirinya yang super keren. Orangtuanya keren banget, mrk ngajarin bahasa asing sejak anak-anaknya masih kecil, mengakomodasi kehausan dan keingintahuan si anak dengan filosofi, ilmu pengetahuan, dan wejangan - wejangan bijak. 

Hipotesa awal: orang-orang hebat terlahir dari keluarga susah/ keluarga cerdas/ keluarga penuh disiplin/ bahkan terlahir dr lingkungan yg mengasingkannya seperti einstein dan para tokoh hebat lainnya yg terkenal setelah meninggal, tp perjuangan hidupnya sangat perih, bukan masalah miskin gak bisa makan, namun secara mental dan psikis mereka "dipaksa" hidup sendiri menjadi "single fighter". Ada yg keluarganya membuangnya, ditinggal istrinya, dicemooh lingkungan, diolok-olok, dikatain bodoh, pendidikan gak selesai, dll.

Mereka hidup untuk menghidupi keyakinannya dan pada akhirnya berhasil menghidupi omongannya sendiri dgn kerja keras dan sabar. 

Tuhan Maha Adil. Gak ada manusia sempurna, selalu ada yang dikurangi saat ada satu bagian hidup kita yg dilebihkan-Nya. Selalu ada yg dilebihkan-Nya saat ada bagian hidup kita ada yg kurang. Semua berada dalam neraca porsi yang pas menurutNya.

Ramadhan #27

No comments:

Post a Comment