Wednesday, September 13, 2023

Kebahagiaan

 Awalnya, aku gatau bahagia dan kebahagiaan itu apa.
Aku hanya menjalani point of view orang lain dan tanpa sadar membeli "cerita" mereka tentang arti hidup. Seperti harus bekerja, bekerja itu yang pergi pagi pulang malam, senin samapi jumat; jangan nyusahin orang; hidup itu sulit; hidup itu penuh perjuangan; mimpi jangan ketinggian; bisa makan aja syukur; harus punya ini itu; harus ini itu, dan lainnya. Sampai aku melewati banyak sekali peluang dan kemudahan hanya untuk fokus pada masalah receh tak berarti hanya agar sama dengan yang lain.

Ada masa aku bahagia sekali pindah dari satu kota ke kota lain, traveling ke sana sini, dan tak bergantung pada siapapun, bisa dan nyaman sendirian. Badan dan jiwa ku bahagia sekali saat itu, dan aku melewati semua kesempatan yang hadir saat itu. Kesempatan romansa, kesempatan menjadi vloger, kesempatan menjadi content creator, merekam semua perjalananku dalam bentuk video maupun tulisan. Dan aku hanya mendapatkan energy kegembiraan dan pengalaman pribadi tanpa ada uang cash yang dihasilkan saat itu. Di momen itu pula, banyak sekali pekerjaan proyek interior yang datang sendiri, lagi-lagi aku lepaskan karena fokus untuk sekolah dan menjadi dosen. Dimana dua hal tersebut tidak membawaku kemana-mana dan menghasilkan keberlimpahan untuk diriku. Begitupun saat sering menulis, dapat banyak cibiran, aku tak sadar itu bisa menjadi sesuatu. Hingga ada seseorang menyadarkan, dan semua tulisan ku bukukan melalui editor serta segala tahap penerbitan. Ternyata menghasilkan banyak uang, membantu banyak orang, dan menjadi apresiasi untuk diriku sendiri yang sering aku abaikan semua kemampuan-kemampuan diri ini.

Sekarang, aku pusing sekali mencari-cari sesuatu agar dianggap normal, berhasil, sukses, mapan, dan lainnya. Hingga tak sadar banyak sekali kemudahan yang hadir dalam hidup dan kemampuaanku sendiri. Setiap susah, ada yang bantu. Setiap diabaikan ditingalkan orang, ada yng tiba-tiba hadir, setiap drop depresi selalu memapu bangkit kembali dengan cepat, mampu menciptakan kebahagian dan tau cara bersenang-senang tanpa merugikan siapapun (biasanya merugikan diri sendiri, dulu), mampu masuk ke segala jenis levell sosial dan berinteraksi dengan beragam orang, percaya diri dan aman untuk berinteraksi dan reach out orang-orang yang secara level status society dan material things jauh diatas diri, mampu tenang dan merasa aman disaat tidak punya apa-apa tanpa ada cadangan apapun. Itu semua aku lupa lihat dan menafaatkan untuk menghasilkan tangible result. Apa yang bisa aku menjadi dan ciptakan dari semua yang ada dan aku punya to make my life greater? Possibilities apa yang belum aku lihat? wwit to grab all possibilities and transform it to tangible result? 

Banyak orang yang tau cara menghasilkan hal-hal materi namun tidak tahu untuk menciptakan the real happiness joy. Aku kebalikannya, tahu cara menciptakan kebahagian, being joy, being space, being money, tapi gak ngerti cara transform and convert all of that energy to material things. Ada yang bisa dan amu ngajarin? Tentu dengan cara yang nurturing dan tidak hitung-hitungan~

No comments:

Post a Comment