Thursday, April 18, 2024

18/4/24

Mungkin semakin dewasa, semakin kita menyadari: tak semua perasaan, keadaan, kondisi, perlu disampaikan atau di jelaskan. Ada hal-hal atau banyak hal yang akhirnya disimpan sendiri sekalipun disalahpahami, dianaiaya, dinilai buruk, dicemooh, dielecehkan, diabaikan, dianggap tak penting, dll. Membiarkan orang dalam pemahaman dan penialaiannya tanpa mengkomunikasikan apapun, menjelaskan, memberitahukan kebenarannya. Membiarkan orang memiliki ruang tumbuh, belajar, dan paham sendiri di suatu waktu nanti. 

Mungkin saat orang-orang itu mendadak mendapatkan kesadaran suatu kejadian, keadaan, perilakunya, dan efeknya sebesar apa pada orang lain (termasuk pada kita), kita sudah tak mampu mengingatnya lagi dan sibuk membangun hidup baru setelah berjuang mati-matian atas semua hal yang terjadi di masa lalu yang kadang dampak kekejian orang lain. 

Mungkin semakin dewasa, semakin kita menyadari, ada kehilangan-kehilangan dan kesulitan hidup yang justru menjadi ajang kenaikan spiritualitas dan kebijaksanaan diri. Kita akan mampu memahami banyak hal dari beragam sudut pandangn yang jauh lebih luas; kita mampu melapangkan hati jauh lebih lapang dan luas; kita mampu memaafkan diri sendiri atas semua hal yang terjadi termasuk membiarkan diri berada dalam situasi buruk dan mengizinkan orang  berbuat semena-mena pada diri; termasuk mampu menerima semua yang telah hadir dan berlalu dalam hidup tanpa ada penialain apapun (netral). 
------

Kadang ada hal-hal yang tak perlu disampaikan,
Kadang ada hal-hal yang cukup dipahami sendiri,
Kadang ada hal-hal yang tak perlu dijelaskan,
Kadang ada hal-hal yang dibiarkan berlalu,
Kadang ada hal-hal yang hanya diri dan 
Sang Pemilik hati ini yang tau.

Hingga pada akhirnya kesadaran dan kebenaran itu akan muncul dengan sendirinya

No comments:

Post a Comment