Sunday, June 18, 2023

Rejeki

Tiba2 keingetan omongan teman 13 tahun lalu, pasca kami baru lulus S1. Ia bekerja di salah satu perusahaan gas and oil, nyeletuk yang intinya jabatan tergantung kedekatan bukan performa kerja semata. Semacam lo anak siapa, punya kedekatan seberapa intense sama petinggi2 atas, dalam 5 tahun udah bisa naik jabatan ke posisi tertentu. Kalau lo pinter, performa okey, tapi bukan siapa2, gak punya ke dekatan dengan siapa2, ya naik ke posisi itunya bisa makan waktu 10 tahun, lebih, atau mungkin gak naik wkwk.

Tiba2 keingetan sesuatu tentang rejeki (semua hal yang masuk rejeki. aku bahas ttg materi aja deh). Mau kerja gila-gilaan, kalau saat itu rejekinya lagi kosong, ya kosong. Mau santai2, gak mikirin apa2, kalau rejekinya lagi banyak ya banyak aja. Aku pernah kerjanya hedon2, gak ada niat umroh apalagi nabung untuk itu. Tiba2 ada yg ajak umroh plus udah dibayarin. Deg2an doongs, takut kena adzab dan sepanjang perjalanan pesawat nangis2, wkwk. Disana ketemu orang seumuran, cuma beda cerita. Dia niat umroh dan pergi pake uang sendiri yang disishkan dari gajinya. Dia ada usaha, aku nggak keluar uang sama sekali. Tapi kita sama2 berada disana, sama2 menikmati fasilitas hotel dan tour, sama2 makan enak, sama2 ibadan disana. 

Ya pernah juga lagi kurang hoki, seret. Uang yg masuk tiba2 keluar lg yang gatau keluar kemana. Usaha ini itu kok gak ada "hasil", kok gak dapet2, sampe pusing sendiri. Sampe di momen, mempertanyakan "apa iya ya rejeki orang beda2?", "apa iya ya kita pny takaran rejeki masing2 dan waktu datangnya?", "apa iya ya urusan ini kita gak bs ikut campur merubah keadaan?", "apa iya ya ada hal2 yg udah usaha abis2an, bisa gak di dapat krn jalannya lg gt?". Sampe di momen, belajar legowo, mungkin ada hal-hal diluar kendali diri, dimana cukup diterima, disyukuri, dilepaskan, sebagai salah satu ajang pengembangan spiritualitas?

Tentang hoki, so far so good, dalam konteks apa yang dibutuhin dan di mau, ya terpenuhi2 aja, dapet2 aja, semua datang dari arah yang tak disangka2. Cuma ada area kehidupan yang "kok gini ya" dmn polanya belum berubah2. what else is possible?

No comments:

Post a Comment